Kamis, 29 September 2011

Tugas mata kuliah Bahasa Indonesia "KALIMAT EFEKTIF 1" (versi lengkap)

Tugas mata kuliah Bahasa Indonesia “KALIMAT EFEKTIF 1”
Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan,pikiran,dan perasaan dengan tepat ditinjau dari segi struktur,diksi,dan logikanya.
·         Ciri-ciri kalimat efektif
1.       Kesepadanan,Minimal ada subjek(S) dan predikat (p).oleh karena itu,sebaiknya kalimat yang kita buat harus memperhatikan hal-hal berikut
a)      Subjek tidak boleh diawali dengan preposisi
Contoh: -kepada peserta rapat dipersilahkan duduk kembali(tidak efektif)
+peserta rapat dipersilahkan duduk kembali(efektif)
-Para hadirin diharap tenang(tidak efektif)
+hadirin diharap tenang(efektif)
-semua sepatu dipakai di kaki(tidak efektif)
+sepatu dipakai di kaki(efektif)
-setiap Ayah adalah laki-laki(tidak efektif)
+Ayah adalah laki-laki(efektif)
-semua ayam betina  bertelur(tidak efektif)
+ayam betina bertelur(efektif)
b)      Anatar subjek dan predikat jangan disisipkan kata yang
Contoh:-Ibuku yang tegar(tidak efektif)
               +Ibuku tegar(efektif)
               -Ayahku yang hebat(tidak efektif)
               +Ayahku hebat(efektif)
               -Kakaku yangy tercinta(tidak efektif)
               +Kakaku tercinta(efektif)
               -Ibuku yang Cantik(tidak efektif)
               +Ibuku cantik(efektif)
               -Adikku yang tersayang(tidak efektif)
               +Adikku tersayang(efektif)
2.       Semua kata yang digunakan baku
Contoh:-Ibu membeli obat di apotik(tidak efektif)
              +Ibu membeli obat dari apotek (efektif)
              -Ayah saya adalah seorang atlit(tidak efektif)
             +Ayah saya seorang atlet(efektif)
             -Saya sering membaca Al-qur’an(tidak efektif)
             +Saya sering membaca Alquran(efektif)
             -Adik tidak sekolah karna sakit(tidak efektif)
             +Adik tidak sekolah karena sakit(efektif)
             -Pak Haji Daud yang tadi khutbah(tidak efektif)
             +Pak Haji Daud yang tadi khotbah(efektif)
3.       Hemat dalam penggunaan kata.
Contoh:-Pasangan kekasih  itu saling berpandangan(tidak efektif)
               +Pasangan kekasih itu berpandangan(efektif)
               -Kedua anak iu saling berpegangan(tidak efektiif)
            +Kedua anak itu berpegangan(efektif)
            -para ibi-ibu dipersilahkan duduk(tidak efektif)
            +para ibu dipersilahkan duduk(efektif)
            -Dia sudah menunggu sejak dari pagi (tidak efektif)
            +Dia sudah menunggu sejak pagi(efektif)
            -Karena ia tidak diajak,dia tidak ikut belajar bersama(tidak efektif)
            +Karena tidak diajak,dia tidak ikut(efektif)
4.       Logis dan masuk akal
Contoh:-Untuk mempersingkat waktu kami akan mulai acara ini(tidak efektif)
               +Untuk mengefektifkan waktu kami akan mulai acara ini(efektif)
               -Kepada bapak Doni,waktu dan tempat kami persilahkan(tidak efektif)
               +Kepada bapak Doni,kami persilahkan(efektif)
               -Kami ucapkan ribuan  terima kasih(tidak efektif)
               +Kami ucapkan terima kasih(efektif)
               -Atas perhatiannya saya haturkan terima terima kasih(tidak efektif)
               +Atas perhatian bapak,ibu saya ucapkan terima kasih(efektif)
               -Silahkan menikmati sajian musik yang kami suguhkan (tidak efektif)
               +Silahkan menikamati musik yang kami persembahkan (efektif)
5.       Paralelisme(kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan,jika bentuk pertama menggunakan verba maka yang  kedua juga verba,klo me- maka me-

Contoh:-Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan(tidak efektif)
               +kakak menolong anak itu dengan memapahnya ke pinggir jalan(efektif)
               -Harga sembako dibekukan atau kenaikan secara luwes(tidak efektif
               +Harga sembako dibekukan atau dinaikkan secara luwes(efektif)
               -Ayah mencuci mobil dan disiramnya tanaman(tidak efektif)
               +Ayah mencuci mobil dan menyiram tanaman(efektif)
               -Pekerjaan pak Tarno sehari-hari adalah berdagang dan petani(tidak efektif)
               +Pekerjaan pak Tarno sehari-hari adalah berdagang dan bertani(efektif)
               -Senangnya merawat dan dipercantik diri(tidak efektif)
               +senangnya merawat dan mempercantik diri(efektif)
6.       Tidak ambigu
Contoh:-amir membawa 2 karung beras(
               +amir membawa beras 2 karung
               -mahasiswa perguran tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah
               +mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi yang terkenal itu mendapatkan hadiah
               -Isteri pak Lurah yang baru itu sedang sakit
               +Isteri nya lurah baru itu sedang sakit
               -Tikus mati dimakan kucing
                +Tikus itu mati karena dimakan kucing
               -Ular mati mati tergilas truk
               +Ular itu mati tergilas truk
              


7.       Penggunaan efek waktu
Contoh:-saya telah mengerjakan tugas itu
              +tugas itu telah saya kerjakan
              -saya sudah mengembalikan buku itu
              +buku itu sudah saya kembalikan
              -Ayah membawa ke bengkel mobil itu
              +Mobil itu ayah bawa ke bengkel
              -Ibu sudah mencuci piring-piring kotor itu
              +Piring-piring kotor iru sudah ibu cuci
              -Aku sudah semir sepatu itu
              +Sepatu itu sudah aku semir
8.       Tidak dipengaruhi unsur struktur daerah
Contoh:-itu rumahnya amir
              +itu rumah amir
              -Disana rumahnya Gita
              +Disana rumah gita
              -Sekolahku ini
              +Ini sekolahku
              -Itu kantornya ayah
              +Itu kantor ayah
              -Ini Salonnya tante
              +ini salon tante
9.       Digunakan dalam situasi formal
Contoh:-saya sudah ngasih tau ke amir
               +saya sudah memberi tahu kepad amir
               -saya udah jemurin baju dulu
                +saya  sudah menjemur baju dulu
               -saya udah nerima surat nya
                +Saya sudah menerima surat itu
                -saya ngambil air dari sungai
                +saya mrngambil air dari sungai
                -Rumah saya deketan sama rani
                +Rumah saya berdekatan dengan rani
10.   Tidak menggunakan unsur2 daerah
Contoh:-itu mah pensil saya
                +itu pulpen saya
                -bah..macam mana kau ini!?
                +bagaimana kau ini
                -ari kamu mau pergi kemana?
                +kamu mau pergi kemana?
                 -ini teh susu coklat
                 +ini susu coklat
                 -saya ndak tahu menahu
                 +saya tidak tahu menahu
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar